Beranda Kepri Karimun SMK Negeri 1 Karimun Terus Berbenah

SMK Negeri 1 Karimun Terus Berbenah

0
Kepala SMK Negeri 1 Karimun Mastur didampingi 2 Wakil Kepala Sekolah serta Ketua Komite SMK bersama pihak Telkom usai pelaksanaam ToT.F-tbn

beritakepri.id, KARIMUN – SMK Negeri 1 Karimun terus berbenah untuk mempersiapkan lulusan yang siap bekerja di dunia industri setelah lulus sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Karimun, Mastur didampingi Wakil Kepala Sekolah, Rizki Meliasari pada pelaksanaan TRAINING OF TRAINER (ToT) fiber optik dan penyelerasan kurikulum program keahlian teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, Senin ( 07/02/2022).

Latar Belakang ToT adalah

Revitalisasi SMK dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia telah mengamanatkan bahwa perlunya dilakukan penyelarasan kurikulum SMK dengan dunia usaha dan industri, peningkatan kerjasama SMK, penguatan guru produktif serta sertifikasi kompetensi.

Baca Juga :  Sistem Kabel Bawah Laut , Anambas Bakal Raih 'Merdeka Sinyal'

Terbitnya pedoman teknis ini diharapkan dapat membantu percepatan implementasi program revitalisasi SMK di tingkat satuan pendidikan.

Salah satu kebijakan pemerintah untuk menyukseskan program Revitalisasi SMK adalah Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 3 tahun 2017. Dalaam Permenperin No. 3 tahun 2017 diperlukan peran industri dalam penyelenggaraan pendidikan kejuruan agar sesuai dengan kebutuhan industri. Oleh karena itu diperlukan pendidikan kejuruan berbasis kompetensi yang link and match dengan industry.

Kerjasama antara industri dan pendidikan merupakan suatu kebutuhan untuk bisa mengikuti perkembangan jaman dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan kerjasama industri ini proses pendidikan yang diselenggarakan di sekolah didesain sesuai dengan kebutuhan industri. Harapan dari sistem ini adalah keterserapan tamatan di dunia industri meningkat.

Baca Juga :  Berikut Update data Covid-19 Karimun Per 26 April

Adapun tujuan pelaksanaan ToT ini antara lain sebagai berikut:
1. Untuk mengembangkan dan menyelaraskan Kurikulum sesuai dengan kompetensi kebutuhan peserta didik di SMK Negeri 1 Karimun.
2. Menghasilkan beberapa dokumen kurikulum dan dokumen perangkat pembelajaran yang link and match. Mengahasilkan pengajar yang mempunyai skill sesuai dengan kebutuhan industri.

Waktu pelaksanaan mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB selama 5 hari.

Tempat Pelaksanaan ToT di Ruang Praktik Siswa TJKT SMK Negeri 1 Karimun, Narasumber dari PT. Telkom Prima Cipta Certifia (TPCC) sebanyak 3 orang.

Baca Juga :  Polsek Kundur Amankan Pelaku Curas

Panitia terdiri dari Tim Kurikulum SMK Negeri 1 Karimun dan beberapa Guru dan Tenaga Tata Usaha. Peserta ToT terdiri dari Guru Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi sebanyak 8 peserta.

Peserta Penyelarasan Kurikulum terdiri dari Guru Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi sebanyak 8 peserta.

Sasaran Kegiatan adalah seluruh guru Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Negeri 1 Karimun.

Kami mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasih pada pihak Telkom, yang telah memberikan pelatihan ToT, semoga kedepan kerja sama seperti ini terus berjalan. Kata Rizki mengahiri.(tbn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here