Beranda Kepri Syahrul Buka Musrenbang Kota Tanjungpinang

Syahrul Buka Musrenbang Kota Tanjungpinang

229
0
Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Tanjungpinang Tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021, di Mega Ballroom Hotel CK, Rabu (11/3).

beritakepri.id, Tanjungpinang —  Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Tanjungpinang Tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021, di Mega Ballroom Hotel CK, Rabu (11/3).

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd mengatakan dalam sambutannya bahwa proses Musrenbang tahunan yang diselenggarakan mulai dari tahap Musrenbang Kelurahan, Kecamatan, Forum Perangkat Daerah, sampai dengan Musrenbang tingkat Kota Tanjungpinang memiliki peran strategis dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tanjungpinang tahun berikutnya.

“Rangkaian kegiatan ini berfungsi sebagai konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan musrenbang, dimana didalamnya terjadi proses negosiasi, rekonsiliasi dan harmonisasi antara Pemerintah dan para pemangku kepentingan non Pemerintah, sekaligus untuk mencapai konsensus bersama mengenai prioritas kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021,” ujar Syahrul.

Baca Juga :  Bangga Qori Kepri Tampil Depan Jokowi, Nurdin Ingin Lahirkan Lebih Banyak

Syahrul juga berharap agar perencanaan pembangunan yang dirancang ini, tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pada saat ini, namun juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa yang akan datang.

“Untuk itu saya berharap, agar perlu kepekaan yang tinggi terhadap permasalahan pembangunan yang ada di sekitar kita, komitmen tinggi untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan dan juga harus sejalan dengan penanganan yang komprehensif dan inovatif, penerapan prinsip berkelanjutan serta penanganan yang terintegrasi dan tidak parsial,” tambah Syahrul.

Lanjut Syahrul, bahwa kegiatan Musrenbang Kota Tanjungpinang ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi, antara perangkat daerah dan mengokohkan kolaborasi antara Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan seluruh pemangku kepentingan di Kota Tanjungpinang, sehingga diharapkan dapat memberikan solusi atas beragam keterbatasan sumber daya yang dimiliki dan mampu melahirkan perencanaan yang lebih strategis sinergis dan tepat sasaran.

Baca Juga :  Nikolas Panama Ajarkan Mahasiswa STIE Pembangunan Ilmu Jurnalistik

“Saya ucapkan selamat menjalankan amanah kepada seluruh peserta dan seluruh warga masyarakat Kota Tanjungpinang, melalui Musrenbang Kota Tanjungpinang tahun 2020 ini, semoga apa yang diamanatkan dapat diwujudkan dalam bentuk partisipasi aktif Bapak Ibu sekalian dalam acara ini,” tutup Syahrul.

Didalam kegiatan ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang memberikan apresiasi kepada kelurahan dan kecamatan terbaik yang melaksanakan Musrenbang tahun 2020. Untuk Kecamatan terbaik diraih oleh Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kelurahan terbaik 1 diraih oleh Kelurahan Dompak, terbaik 2 diraih oleh Kelurahan Air Raja dan terbaik 3 diraih oleh Kelurahan Kemboja. Serta penghargaan kepada 4 orang Tokoh Masyarakat yang aktif berpartisipasi pada pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan.

Baca Juga :  Wakil Walikota Mengapresiasi Kemandirian Kaum Perempuan

Usai penyerahan piagam penghargaan, Pemerintah Kota Tanjungpinang melakukan penandatanganan MoU bersama Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Nota kesepahaman ini dalam pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia pada pembangunan di bidang sains dan teknologi, serta pengembangan potensi daerah Kota Tanjungpinang. Penandatanganan dilakukan oleh Walikota Tanjungpinang dan Rektor UMRAH.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here