Beranda Berita Utama Wartawan Harus Memperkuat Solidaritas di Masa Pandemi Covid-19

Wartawan Harus Memperkuat Solidaritas di Masa Pandemi Covid-19

223
0

beritakepri.id, JAKARTA – Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh memberikan pesan khusus kepada wartawan di tengah pandemi. Salah satu pesan yang disampaikan juga sekaligus ajakan kepada insan pers yaitu menjadi agen perubahan perilaku.

“Makna di balik Covid-19 ini semua sudah paham, yaitu perubahan. Kita mau tidak mau harus berubah,” tutur Nuh dalam diskusi virtual pada Senin (14/12/2020).

Oleh sebab itu, kata dia, Dewan Pers bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membuat satu program yaitu Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP).

Adapun, tujuan program ini agar para jurnalis turut berperan menumbuhkan partisipasi publik dalam hal perubahan perilaku di masa pandemi.

Baca Juga :  Perkuat Sinergi untuk Membangun Kesejahteraan Masyarakat

“Urusan Covid-19 ini sama sekali tidak mungkin dapat dilakukan sendiri. Sehingga yang paling mahal adalah bagaimana menumbuhkan partisipasi publik, menumbuhkan empati publik,” ujarnya.

Ia menambahkan, di masa pandemi, perlu diketahui bahwa bukan orang yang paling kuat yang bisa bertahan, melainkan siapa yang dapat melakukan perubahan perilaku.

Ada empat hal yang disebut Nuh mengenai perubahan perilaku. Pertama, insan pers perlu mematuhi segala protokol kesehatan yang berlaku kala bertugas dan di mana pun berada.

“Kedua, harus terus kita tingkatkan kualitas kesehatan kita, imunitas kita. Ketiga, harus terus menerus kita kuatkan, tingkatkan doa kita ke Tuhan Yang Maha Esa,” ucapnya.

Baca Juga :  Ada Buzzer Istana di ILC TVOne

Keempat, wartawan perlu terus menerus memperkuat solidaritas yaitu saling memberi dan berbagi kepada sesama.

Dengan kata lain, menurutnya setiap pribadi jurnalis harus melakukan tranformasi dari saya menjadi kami, kemudian kami menjadi kita.

“Yang kita bangun adalah kekitaan, kebersamaan di antara kita, untuk menghadapi satu persoalan yang sungguh sangat berat, yang semua lini kena. Maka tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bersama-sama untuk bertekad menyelesaikannya,” harapnya.

Adapun acara ini diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas kerja sama Dewan Pers.

Baca Juga :  Mappilu PWI Diharap Mengimplementasikan Peran dan Tugas Pers dalam Tanggungjawab Kebangsaan

Secara khusus, dalam acara virtual ini, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga turut hadir memberikan pembekalan kepada insan pers.

Ma’ruf mengajak insan pers untuk membantu pemerintah dalam menjembatani informasi yang ada terkait pandemi covid- 19.

Bahkan, ia menyebut peranan jurnalisme sangat dibutuhkan di masa pandemi.

“Informasi kredibel dan terpercaya tentu semakin dibutuhkan. Untuk menjamin arus informasi yang bebas dari penyalahgunaan informasi seperti miss informasi, disinformasi,” pungkasnya. ( Cha )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here