Beranda Kepri Tanjungpinang Bandara Raja Haji Fisabilillah Siap Layani Perjalanan Udara Masyarakat Pada Peak Season...

Bandara Raja Haji Fisabilillah Siap Layani Perjalanan Udara Masyarakat Pada Peak Season Nataru 2023/2024

0
Kegiatan ARFF Challenge dan ARFF Summit dengan tema ‘Breaking the Limits, Preparing for the Next Challenge’ pada 20 - 22 November dan 28 - 30 November 2023, atau menjelang periode angkutan nataru 2023/2024.F-Humas Bandara RHF

beritakepri.id, TANJUNGPINANG – Bandara Raja Haji Fisabillah siap melayani perjalanan udara masyarakat dalam periode peak season Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Executive General Manager Bandara Raja Haji Fisabillah Agung Brahmantyo mengatakan jumlah penumpang pada periode angkutan nataru 2023/2024 di Bandara Raja Haji Fisabillah secara kumulatif diperkirakan naik 8% dibandingkan dengan periode yang sama 2022/2023.

“Kami memperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Raja Haji Fisabillah mencapai 16.784 penumpang pada periode angkutan nataru 2023/2024 atau 18 Desember 2023 – 4 Januari 2024 (H-7 hingga H+3). Jumlah ini naik 8% dibandingkan dengan angkutan nataru 2022/2023,” ujar Agung.

Adapun puncak arus keberangkatan pertama diperkirakan pada Jumat, 22 Desember 2023, lalu puncak arus keberangkatan kedua pada Jumat, 29 Desember 2023. Sementara itu, puncak arus balik pada 2 Januari 2024.

Baca Juga :  Bekerja Amanah, Serius, Fokus & Tuntas

Agung Brahmantyo menuturkan penumpang pesawat pada periode nataru ini didominasi wisatawan yang ingin berlibur.

Sejalan dengan peningkatan lalu lintas penerbangan dan jumlah penumpang pesawat, Bandara Raja Haji Fisabillah telah menyiapkan rencana operasi.

Rencana operasi dari sisi kesiapan personel, Bandara Raja Haji Fisabillah menyiagakan 95 personel baik dari internal maupun eksternal.

Seluruh fasilitas pelayanan dan operasional dipastikan juga siap dalam melayani peningkatan lalu lintas penerbangan.

“Jam operasi Bandara Raja Haji Fisabillah yakni dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB,” ujar Agung.

Bandara-bandara AP II juga dilengkapi dengan fasilitas TravelinPass guna memungkinkan penumpang pesawat memproses keberangkatan hanya dengan wajah melalui biometric face recognition, sehingga dapat mempersingkat waktu proses di bandara termasuk saat peak season.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Kukuhkan PASKIBRAKA Bintan Tahun 2022

Terkait aspek keselamatan, Bandara Raja Haji Fisabillah mempersiapkan unit Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) untuk selalu siaga.

Adapun guna terus mengasah skill dan meningkatkan kemampuan, unit ARFF di AP II menggelar ARFF Challenge dan ARFF Summit dengan tema ‘Breaking the Limits, Preparing for the Next Challenge’ pada 20 – 22 November dan 28 – 30 November 2023, atau menjelang periode angkutan nataru 2023/2024.

ARFF Challenge dan ARFF Summit ini bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kesiapan, kesigapan dan kecakapan personel ARFF.

“Penyelenggaraan ini bertepatan menjelang periode angkutan nataru, sehingga kegiatan ini juga menjadi ajang meningkatkan kemampuan dan kesigapan dalam periode peak season akhir tahun,” ujar Agung.

Baca Juga :  Sirajudin Nur Dinobatkan Sebagai Kakak Asuh Cegah Stunting Oleh BKKBN Kepri

Dalam ajang ARFF Challenge, kompetisi terdiri dari Knowledge Challenge, Hard Skill Challenge, Innovation Challenge dan Video Challenge.

Unit ARFF Bandara Raja Haji Fisabillah dalam kegiatan ini berhasil menyabet gelar Juara 2 dalam kategori Hard Skill Challenge dan Video Challenge.

“Kami bersyukur unit ARFF Bandara Raja Haji Fisabillah berhasil menjadi Juara 2 kategori Hard Skill Challenge dan Video Challenge dalam ARFF Challenge 2023, sekaligus menandakan pengetahuan luas yang dimiliki personel ARFF. Kami pastikan personel ARFF meningkatkan kesiapan dan kesiagaan dalam periode peak season akhir tahun ini,” ujar Agung.***

Penulis : Red
Editor : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here