free page hit counter
Galeri FotoTanjungpinang

Dispora Gelar Pembukaan O2SN Tingkat Tanjungpinang

Beritakepri.id, TANJUNGPINANG –Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tanjungpinang melaksanakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD dan SMP. Pembukaan dilaksanakan Walikota Tanjungpinang H Syahrul ditandai dengan pelepasan delapan burung merpati, Jumat (26/4) sore di Lapangan Sulaiman Abdullah.

Sama seperti tahun sebelumnya, delapan Cabang Olahraga (Cabor) untuk tingkat SMP dan tujuh cabor tingkat SD yang dipertandingkan. Walikota Tanjungpinang, H Syahrul berpesan kepada siswa untuk giat berlatih serta menjujung sportivitas pertandingan.

Menurutnya, menang atau kalah itu biasa yang penting mau giat terus berlatih memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan. Kadispora Tanjungpinang, Djasman menuturkan, para peserta yang mengikuti pertandingan sudah terlebih dahulu diseleksi di sekolah maupun gugus masing-masing.

Dituturkannya, para peserta terdiri dari 15 gugus yang merupakan gabungan siswa beberapa SD dan 30 sekolah tingkat SMP. Djasman menuturkan, cabor yang dipertandingkan ditingkat provinsi maupun nasional hanya lima yaitu karate, atletik, tenis meja, renang dan pencak silat.

Sedangkan tiga cabor lain yang hanya dipertandingkan di tingkat kota, yaitu bola voli, sepak takraw dan bulu tangkis. Pemenang di lima cabor yang dipertandingkan tingkat nasional, berkesempatan mengikuti pertandingan di jenjang berikutnya yaitu Provinsi Kepri yang dijadwalkan dilaksanakan Juli serta Nasional September mendatang.

Cabor jenjang SD hanya mengurangi satu cabor yakni sepaktakraw. Selain itu, tujuh lainnya sama. Dituturkannya, penambahan tiga cabor lainnya itu sebagai bentuk membina siswa. Serta upaya memasyarakatkan olahraga melalui berbagai olahraga.

Event seperti ini merupakan salah satu wadah bagi siswa untuk berlatih serius. Ia ingin siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang tersebut bisa giat berlatih. Pantauan di lapangan, banyak masyarakat yang menyaksikan pembukaan serta berbagai cabor yang dipertandingkan sesuai jadwal masing-masing.

Baca Juga :  Jadikan Kepri Provinsi Pencetak Generasi Qurani

Dituturkannya, pertandingan atletik tingkat SD dan SMP dilaksanakan di Lapangan Sulaiman Abdullah. Cabor Bola Voli di Lapangan Surya, Sepaktakraw dilkasanakan di Lapangan Pamedan.Cabor Bulu tangkis dan Tenis meja di Cahaya Pinang. Selain itu, cabor pencaksilat dan karate di Aula SMKN 3 Tanjungpinang serta berenang di Dendang Ria.

Ditambahkannya, para pemanang lomba nantinya akan diberikan piagam dan medali serta uang pembinaan. Khusus juara umum tingkat SD maupun SMP diberikan piala serta uang pembinaan kepada masing-masing sekolah atau gugus.

”Siswa yang juara secara terkhusus sudah ada uang pembinaan, namun siswa suatu sekolah yang berhasil meraih medali terbanyak akan diberikan uang senilai Rp5 juta sebagai bentuk pembinaan,” ucapnya. ***

Narasi dan Foto : Istimewa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *