Rumah Belajar

Pemerintah dan swasta mengembangkan berbagai aplikasi untuk memudahkan guru dan siswa bisa belajar di rumah. Wabah corona memang mengakibatkan proses belajar mengajar dilakukan dari rumah. Salah satu website yang bisa dicoba ialah Rumah Belajar.

Rumah Belajar Kemendikbud adalah website yang dibuat oleh tim ahli yang ditujukan sebagai portal pembelajaran. Laman ini menyediakan fasilitas komunikasi yang mendukung terjadinya interaksi antarkomunitas.

Portal Rumah Belajar ini bisa digunakan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Dengan menggunakan fasilitas ini, guru dan siswa dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Teknologi Rumah belajar Gratis ini memang diluncurkan untuk masyarakat tanpa harus perlu mengeluarkan uang alias gratis.

Fitur Utama Rumah Belajar

Berikut ini adalah fitur-fitur utama dai Rumah Belajar yang bisa Anda lihat terlebih dahulu. Dengan begitu Anda memiliki pandangan seperti apa polanya dan seberapa penting portal ini.

Kelas Digital

Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga :  Daftar Aplikasi untuk Belajar dari Rumah Gratis

Sumber Belajar

Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.

Bank Sosial

Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

Laboratorium Maya

Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.

Ketika diklik tombol selengkapnya, maka akan muncul fitur lainnya yaitu Buku Sekolah Elektronik, Modul Digital, Wahana Jelajah Angkasa, Peta Budaya dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Ada Video, Web dan Audio

Ketika saya mencoba klik menu Sumber Belajar di Rumah Web, dapat digambarkan sebagai berikut.

Pada kolom menu sebelah kiri Anda dapat menemukan Konten Audio dan Video yang dibagi menjadi update terbaru atau terpopuler. Saat saya pilih video terbaru muncul Hutan Mangrove, Pengurangan Bilangan Bulat dan sebagainya.

Sementara saat saya klik Video Terpopuler maka muncul beberapa buah, salah satunya Perkalian dan Pembagian Pecahan yang dipandu Pak Ridwan. Konten ini bahkan sudah ditonton 15.249 orang.

Baca Juga :  Cara Menjadi Blogger yang Menghasilkan Uang dari Rumah

Selain Video, di kolom kiri bisa ditemukan Konten Web yang juga dibagi Terbaru dan Terpopuler. Di bawahnya ada Jenjang Pendidikan, dari SLB, PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.

Lalu ada juga menu Non Kurikulum dengan sub menu Umum serfta yang terakhir Link Terkait.

Di Rumah Belajar Ada Kelas Terfavorit, Lho

Saya pun mencoba klik menu Kelas Maya. Pertama yang muncul di laman ialah pencarian kelas. Silakan Anda orang tua siswa yang ingin membantu atau kalian sendiri masuk untuk mencari kelas.

Asyiknya, di website pendidikan daring ini hingga hari ini juga tercatat Kelas Terfavorit. Hingga Selasa (24/3/2020) kelas terfavoritnya ialah XII TKE 6 1994031, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, SMK Negeri 1 Koto Baru.

Lalu ada Bioteknologi Kelas XII IPA, Pengajar Nadia Rahmadina, SMA Negeri 11 Medan; XI Pemasaran, Bhs Inggris, SMK Poncol dan X TKJ I, Pemrograman Dasar, SMK Poncol.

Informasi lain yang bisa Anda lihat atau baca ialah Statistik Kelas Maya. Hingga hari ini ada 13.442 penyelenggara, 8.410 kelas dibuat, 37.586 guru aktif dan 178.949 siswa aktif.

Testimoni Murid dan Guru

Rumah Belajar mendapatkan apresiasi siswa dan guru. Mereka boleh mengisi kolom testimoni agar apa yang mereka tuliskan muncul secara slider di laman ini.

Baca Juga :  Berikut, Imbauan Jaringan Media Siber Indonesia Terkait Covid-19

Beberapa testimoni yang saya lansir dari belajar.kemdikbud.go.id adalah sebagai berikut:

Diah Trianingrum, Siswi SMK

Rumah belajar merupakan aplikasi yang inovatif, sangat bagus dan bermanfaat untuk pembelajaran di daerah mana pun bahkan daerah terpencil.

Rumah belajar juga sangat efisien untuk di gunakan para pelajar karena rumah belajar bisa berbasis online jadi tidak ada alasan untuk para siswa tidak mau lagi belajar, karena dengan menggunakan rumah belajar kita dapat mengakses pelajaran dimanapun dan kapanpun yang kita mau. Mari kita gunakan teknologi dengan sebaik baiknya.

Paruddin, Guru SMP

Setelah saya memanfaatkan portal rumah belajar pembelajaran yang saya sajikan semakin mudah dan menyenangkan semangat dan motivasi belajar siswa saya pun semakin meningkat.

penerapapan flipped classroom dengan menggunakan portal Rumah Belaja sangat efektif untuk guru dan siswa karena fiturnya sangat interaktif.

Hera Wahyuning Tyas, Guru SD

Dengan belajar di Rumah Belajar Kemdikbud, pembelajaran lebih menarik begitu pula dengan anak- anak. karena rumah belajar kemdikbud menyajikan materi- materi pembelajaran berbasis IT, itulah ketertarikan anak- anak.

Nah, bagaimana? Semoga informasi mengenai Rumah Belajar ini dapat membantu. ***

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here