Proyek perbaikan Jembatan II Dompak Tanjungpinang mulai dikerjakan.

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Meski sempat terkendala pandemi Covid-19, proyek perbaikan Jembatan II Dompak Tanjungpinang kini mulai dikerjakan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Provinsi Kepri, Rodi Yantari mengatakan, kontraktor pelaksana PT.Wassenar Karya Marga sudah memulai pekerjaan perbaikan jembatan tersebut.

Dengan mulai dikerjakannya proyek perbaikan tersebut maka pihaknya berkeyakinan proyek berjalan sesuai schedule dan sesuai dengan kontrak kerja.

“Insya Allah, kontrak sampai Desember 2020 mendatang. Untuk kontrak tahun ini diharapkan sesuai schedule, dan target kami akhir tahun ini sudah dapat difungsikan,” katanya, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga :  Wahai Pemilik Masa Depan, Jangan Merusak Diri dengan Hal Kurang Baik

Diakui Rodi, proses pekerjaan tersebut memang sempat mengalami kendala disebabkan pandemi Covid-19. Dimana, kontraktor pelaksana sempat kesulitan mendatangkan tenaga ahli serta alat berat akibat terbatasnya transportasi.

Namun seiring perjalanan dan mulai adanya pelonggaran aturan terkait Covid-19 ini, pihak kontraktor mulai bisa mendatangkan pekerja dan tenaga ahli dari luar Kepri.

“Memang awal-awal kontrak ada sedikit kendala, saat ini alhamdulillah peralatan dan personil sudah bertahap datang di lokasi proyek,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Jalan dan Jembatan Dinas PUPRP Kepri, Handoko memaparkan, pengerjaan perbaikan itu dimulai pada tiang jembatan yang sudah rusak. Saat ini, katanya sedang dilakukan pembersihan tiang sepanjang 5 meter pada fase air laut surut.

Baca Juga :  Isdianto Mengaku Tak Kuat Menangani Covid-19 Tanpa Bupati dan Wali Kota

Kemudian bagian yang rusak diklem menggunakan baja, dan pengecatan tiang, dan pengunaan biota Katoda untuk mencegah terjadinya korosi karena udara dan air laut.

“Biota katoda berfungsi untuk menghambat terjadinya korosi. Kemudian baru dibeton menggunakan tulang besi untuk memperkokoh struktur tiang jembatanya,”jelasnya.

Menurut Handoko, pengerjaan proyek ini hanya difokuskan pada perbaikan tiang jembatan yang mengalami kerusakan akibat korosi. Artinya, tidak semua struktur tiang jembatan yang diperbaiki pada tahap awal ini.

Untuk diketahui, proyek perbaikan Jembatan II Dompak ini dikerjakan oleh PT. Wassenar Karya Marga perusahaan asal Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan kontrak Rp.8,7 miliar dari pagu anggaran APBD Rp 9,3 miliar.(BK/PM/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here