Beranda Kepri Batam MKP E-Tiketing Ikut Andil Pada Digitalisasi Pelabuhan Domestik dengan Traffic Tertinggi di...

MKP E-Tiketing Ikut Andil Pada Digitalisasi Pelabuhan Domestik dengan Traffic Tertinggi di Batam

0
Nicholas Anggada, CEO & co-Founder MKP saat berbincang sebelum peresmian sistem e-ticketing, Selasa (14/11/2023).F-Humas MKP

beritakepri.id, BATAM – Tepat pada hari ini, Selasa (14/11/2023) menjadi momentum transformasi sistem penjualan tiket di dua Pelabuhan Penumpang Domestik Batam, Pelabuhan Telaga Punggur dan Pelabuhan Sekupang. MKP E-Ticketing menjadi satu-satunya perusahaan lokal Indonesia yang ambil bagian dalam proses digitalisasi sistem pembelian dan penjualan tiket penumpang.

Transformasi sistem tiket konvensional menjadi sistem e-ticketing, diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan di Pelabuhan Penumpang Domestik Batam yang merupakan moda transportasi umum utama di Kepulauan Riau.

Didukung penuh oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Batam dan berkolaborasi dengan Bank Mandiri sebagai mitra perbankan, sistem MKP sudah terkoneksi dengan validasi boarding management system (BMS) milik BP Batam dan tidak hanya mendigitalisasi sistem e-ticketing MKP juga mendukung digitalisasi sistem pembayaran dengan mengakomodir pembayaran non-tunai.

Baca Juga :  Cabuli Wanita Paruh Baya, Pemuda Diciduk Polisi

BP Batam menggandeng MKP sebagai the most reliable traffic intelligence company, untuk penerapan sistem mulai dari validasi tiket Pelabuhan hingga data analytics bagi agen kapal yang beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 18.00.

Nicholas Anggada, CEO & co-Founder MKP mengatakan dengan traffic intelligence system akan memberikan dampak efektivitas sekaligus efisiensi bagi pengelola Pelabuhan Domestik Punggur. “Kita perlu meminimalisir jumlah penumpang yang tidak bertiket, juga mengelola data manifest kapal sehingga operasional mereka lebih tertata karena sudah tersistem dan cashless,” pungkasnya.

Baca Juga :  KPK Peringatkan Calo LHKPN di Pilkada

Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mendukung penuh penerapan E-Ticketing guna mengoptimalkan pelayanan Masyarakat. Syaiful, Ketua MTI mengakui bahwa E-Ticketing menjadi solusi yang harus diimplementasikan di sektor Transportasi, khususnya bagi Pelabuhan Batam. “Tidak ada alasan bagi kita menolak E-Ticketing, untuk membantu Masyarakat memperoleh pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman,” pungkasnya.***

Penulis : Red
Editor : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here