Beranda Kepri Batam Resmi Beroperasi, Pelabuhan Sekupang dan Punggur Terapkan Sistem E-Tiket dan Pembayaran Non-Tunai

Resmi Beroperasi, Pelabuhan Sekupang dan Punggur Terapkan Sistem E-Tiket dan Pembayaran Non-Tunai

0
Penerapan tiket elektronik di Pelabuhan Domestik sekupang ditandai dengan pemberian secara simbolis dua tiket elektronik kepada penumpang, Selasa (14/11/2023).F- BP Batam

beritakepri.id, BATAM – Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), resmi meluncurkan sistem Electronic Ticketing (e-ticketing) dan pembayaran non-tunai.

Penerapan sistem Electronic Ticketing (e-ticketing) dan pembayaran non-tunai ditandai dengan pemberian simbolis dua tiket elektronik kepada penumpang pada, Selasa (14/11/2023).

Peluncuran ini merupakan hasil kerjasama antara Badan Pengusahaan (BP) Batam dengan Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Mandiri sebagai penyedia layanan pembayaran non-tunai. Kolaborasi juga melibatkan perusahaan penyedia tiket online PT Mitra Kasih Perkasa.

Baca Juga :  Fasilitasi Pembuatan NIB, Sapril Sembiring : Kita Dorong UMKM Bintan Tumbuh dan Berkembang

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar, menyatakan bahwa penerapan e-ticketing dan cashless payment adalah bagian dari visi BP Batam untuk membangun infrastruktur dasar berkualitas. Meskipun membutuhkan penyesuaian awal, Dendi yakin teknologi ini akan mempermudah dan memperbaiki pelayanan di pelabuhan.

“Kita baru memulai, Insya Allah ini akan menjadi lebih baik, karena teknologi itu pasti akan mempermudah kita, cuma memang kita akan mengalami kesulitan di awal,” ujarnya.

Dalam acara soft launching di lantai dua terminal keberangkatan, hadir pula Tri Wibowo dari BNI Batam, yang menegaskan dukungan BNI dalam mewujudkan masyarakat Batam yang lebih modern. Ia menyebut perubahan serupa di bandara dan percaya bahwa penerapan ini akan membawa kemajuan signifikan.

Baca Juga :  Percepat Terbentuknya Herd Immunity, Ansar Gesa Vaksinasi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

“Kalau kita lihat bandara sudah rapi karena tidak ada lagi pembayaran cash di sana, kini akhirnya mengarah ke pelabuhan sistem pembayaran tersebut. Harapan BNI mudah-mudahan ini menjadi langkah yang nyata mewujudkan masyarakat Batam,” ujar Tri.

Dengan uji coba yang berlangsung mulus sejak 8 hingga 12 November 2023 dan respons positif dari penumpang serta operator kapal, diharapkan pelabuhan domestik Batam dapat meningkatkan kualitas dan kenyamanan pelayanan bagi penumpang, khususnya bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang melakukan perjalanan ke pulau-pulau lain di wilayah Kepri maupun Provinsi Riau.***

Baca Juga :  Marlin Launching Aplikasi E-Belajar

Penulis : Red
Editor : Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here