Beranda Kepri Karimun Tahun 2022, PT Timah Tbk Targetkan Tanam 5000 Mangrove di Kundur

Tahun 2022, PT Timah Tbk Targetkan Tanam 5000 Mangrove di Kundur

0
PT Timah memberikan pelatihan budidaya mangrove belum lama ini.F-Istimewa

beritakepri.id, KARIMUN – Untuk mendukung target Pemerintah Indonesia dalam mencapai Net Zero Emission di tahun 2060, PT Timah Tbk secara konsisten melakukan upaya pengurangan emisi karbon. Untuk itu, PT Timah Tbk mengintegrasikan program reklamasinya dengan upaya pengurangan emisi dengan penanaman mangrove.

Emiten Berkode TINS ini secara konsisten melakukan penanaman mangrove di wilayah operasional perusahaan. Tahun ini, PT Timah Tbk menargetkan untuk menanam 5000 batang mangrove di wilayah Kundur.

Penanaman ribuan batang mangrove ini akan dilakukan secara bertahap yang diawali di sekitar Pantai Teluk Salak, Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat. Dalam melaksanakan penanaman mangrove, PT Timah Tbk melibatkan masyarakat untuk bersama menanam, merawat dan menjaga mangrove tersebut.

Baca Juga :  HPN 2023, Lintas Media di Kundur Bersama PT Timah Santuni Kaum Dhuafa

Selain untuk mengurangi emisi karbon, mangrove juga berperan untuk menahan abrasi akibat pasang surutnya air laut. Mangrove juga berfungsi sebagai penyerap gas karbondioksida ( CO2), penghasil oksigen, dan sebagai tempat hidup biota laut dan ikan ikan kecil.

Upaya pengelolaan lingkungan dengan penanaman mangrove turut disambut antusias oleh masyarakat, dimana sebelumnya PT Timah Tbk telah menyosialisasikan rencana penanam mangrove di Pantai Teluk Salak, Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat.

Pemuda Teluk Salak Desa Gemuruh, Jerri mengatakan, pihaknya bersama masyarakat sangat mendukung kegiatan penanaman mangrove yang akan dilakukan PT Timah Tbk.

Baca Juga :  Ketua DMI Provinsi Kepri H Muhammad Rudi, Silaturrahmi Bersama Masyarakat Ungar

“Penanaman mangrove yang akan dilakukan PT Timah itu sangat bagus. Selain itu masyarakat di sini juga dilibatkan dalam kegiatan penanaman maupun perawatan. Tentunya, ini akan memberikan dampak penambahan pendapatan untuk tiap keluarga dengan demikian perputaran ekonomi juga berjalan,” katanya.

Senada, Ketua RT 004 Teluk Salak Abdul Aziz, menyebutkan masyarakat Teluk Salak sangat mendukung dan menyambut baik rencana PT Timah yang akan melakukan penanaman mangrove di wilayahnya.

“Karena kita semua sudah tahu bahwa manfaat dari mangrove ini sangat banyak seperti sebagai penahanan abrasi. Semoga rencana ini bisa segera dilaksanakan,” ucapnya.***

Baca Juga :  Mencari Taktik Atasi Krisis Listrik

Penulis : D Tambunan
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here