Beranda Kepri Tanjungpinang Maksimalkan Potensi, Jawab Kebutuhan Masyarakat

Maksimalkan Potensi, Jawab Kebutuhan Masyarakat

0

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun berharap jajaran perangkat desa mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki. Terlebih perannya sangat signifikan dalam menyerap setiap aspirasi masyarakat.

“Tanpa bantuan para Kades tentu kami tidak akan bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Karena para Kades lah yang menjadi garda terdepan dalam berhubungan langsung dengan masyarakatnya,” ujar Nurdin saat melantik dan mengukuhkan Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Lingga periode 2016-2021 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin (1/7).

Nurdin juga berpesan kepada seluruh jajaran perangkat desa agar terus hadir untuk masyarakat, karna pangkat dan jabatan yang diamanahkan saat ini bukan hanya status semata namun bagaimana hasil yang dilakukan dapat dirasakan positif untuk masyarakat.

“Keberadaan Kepala Desa harus semakin memunculkan semangat membangun di tengah-tengah masyarakat,” lanjut Nurdin.

Baca Juga :  Paguyuban Jawa Kota Tanjungpinang Dukung Paslon Soerya-Iman

Apalagi terkait dengan dana desa, ditambahkan Nurdin bahwa upaya pemerintah untuk membangun dari bawah bukan lah perkara yang mustahil untuk digapai, tentu dengan dukungan semua pihak terkait sebanyak 75 desa di 7 kelurahan di Lingga dapat tercapai pembangunan yang merata.

“Jika ragu silahkan Dinas terkait untuk menurunkan tim pendamping ke desa-desa agar pemanfaatan dana desa dapat dilaksanakan dengan baik dan benar,” tambah Nurdin lagi.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Lingga Juramadi Esram berharap kepada anggota kepengurusan yang baru ini dapat bekerja dengan maksimal terlebih dalam memanfaatkan dana desa dengan baik dan benar.

“Kami berpersan agar tanggungjawab yang diemban saat ini harus bisa diselesaikan tentunya dengan langkah strategis yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Juramadi.

Ketua DPC APDESI yang baru saja dilantik M Nazar Iman mengucapkan terimakasih kepada Gubernur selaku Pemerintah Provinsi Kepri atas kesediaan memberikan Gedung Daerah dan melantik kepengurusan hari ini.

Baca Juga :  Terima Kunker Komisi I DPRD Sumsel, Diskominfo Kepri Paparkan Aplikasi SiLADA

“Kepercayaan yang diberikan ini menjadi kekuatan dan tentunya dukungan semua anggota kepengurusan untuk bersama-sama membangun desa yang kita cintai ini,” ujar Nazar.

Nazar mengaku bahwa membangun bukan lah perkara yang mudah apalagi dimulai dari desa, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk itu dirinya meminta bimbingan dan petunjuk dari semua pihak khususnya Pemerintah Provinsi Kepri.

“Kami berharap bimbingan Pak Gubernur sehingga sukses dalam membangun desa,’ lanjutnya.

Pelantikan sendiri berdasarkan surat keputusan DPD APDESI nomor 10 tahun 2019 dilantik sebagai ketua adalah M Nazar Iman bersama 34 anggota kepengurusannya.

Selain itu juga terdapat 10 bidang yang masing-masing diisi oleh 4 orang anggota antara lain: 1.Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan, 2. Bidang Pemberdayaan Perempuan, 3. Bidang koperasi dan UKM, 4. Bidang Pendidikan dan Pelatihan, 5. Bidang Informasi dan Komunikasi, 6. Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan, 7. Bidang Percepatan Pembangunan Desa Tertinggal, 8. Bidang Hubungan Antar Lembaga, 9. Bidang Lingkungan Hidup dan 10. Bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

Baca Juga :  Menangkan Soerya – Iman, Relawan Sinergi Tanjungpinang Jemput Dukungan Masyarakat di KM 08

Pelantikan ditandai dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Gubernur, penyematan pin dari Gubernur kepada ketua terpilih dan penyerahan bendera pataka serta ditutup dengan pembacaan ikrar DPC APDESI oleh ketua dan anggota kepengurusan yang baru saja dilantik.

Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Kepri Hanafi Ekra, Sejumlah Kepala OPD, Ketua DPD APDESI Provinsi Kepri Yusuf Firdaus, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi beserta tamu undangan lainnya. (BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here