free page hit counter
Galeri Foto

Persiapan PON, Dua Atlet Renang Berlatih di PPLPD

Beritakepri.id, TANJUNGPINANG –DINAS Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang menjadi salah satu ujung tombak pembinaan dan membudayakan olahraga bagi pelajar. Untuk kali pertama, Dispora Tanjungpinang membuat Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) bagi pelajar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

Kadispora Tanjungpinang, Djasman Sos menuturkan, kegiatan ini merupakan wadah bagi para atlet agar profesional di bidangnya. Sekaligus stimulus mendorong siswa menggali bakat dan minat dimiliki dalam bidang olahraga.

Ia menuturkan, sebagai tahap awal, baru dua cabang olahraga (Cabor) yang di-PPLPD-kan. Yaitu olahraga renang dan sepak takraw.

Pemilihan cabor ini bukan tanpa alasan. Seperti diketahui bersama, dari atlet renang banyak menyumbangkan medali emas dalam berbagai ajang. Diantaranya Popda di Lingga dan Poprov Kepri 2018 di Tanjungpinang, lalu.

Menurutnya, potensi ini harus terus dipertahankan dan terus ditekuni agar Tanjungpinang dipastikan menjadi pencetak atlet renang. Bukan hanya di tingkat daerah namun juga bisa bersaing sampai ke jenjang nasional.

Dari hasil seleksi didapatkan masing-masing 12 atlet junior potensial. Mereka sudah mulai berlatih Maret lalu. Dituturkannya, para atlet junior akan dilatih oleh instruktur di bidangnya. Para pelatih minimal sudah memiliki sertifikat.

Ia menturkan, atlet junior renang nantinya dilatih instruktur dari Pengkot Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Djasman mengetahui ada beberapa atlet dari berbagai cabor lain memiliki potensi, hanya saja tahap awal dimulai sesuai kemampuan keuangan daerah.

Ke depan bila memungkinkan akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya dan menambah cabor lainnya. Bahkan tak kalah membagakan, dua atlet berenang di bawah PPLPD akan mengikuti PON 2020 mendatang di Papua. Mereka kini terus berlatih dengan giat.

Baca Juga :  Dispora Gelar Pembukaan O2SN Tingkat Tanjungpinang

Ketua Pelaksana PPLPD Kota Tanjungpinang, Saiful menuturkan, terkait pemilihan peserta melalui seleksi yang sudah dilakukan. Dimulai dari masing-masing sekolah. Setelah itu, diseleksi kembali melalui klub renang.

Dituturkannya, melalui kegiatan ini, diharapkan akan menghasilkan atlet berkakat dan profesional di bidangnya. Terkait jadwal latihan, ia menuturkan, renang tiga kali seminggu, yaitu Senin, Rabu dan Sabtu.

Untuk cabor berenang latihan dilaksanakan di Kolam Berenang Dendang Ria.
Salah satu orangtua atlet Renang, Abdul Manan mengaku bersyukur diadakannya PPLPD ini. Menurutnya, sebagai wadah bagi anaknya terus berlatih dan menggali bakat dan minatnya.

Ia menuturkan, ada beberapa keuntungan, pertama tentu biaya latihan yang lebih ringan. Kedua menjadi wadah bagi anak terus menggali bakat dimiliki dengan rekan lainnya.

Ia mengaku sudah memasukkan anaknya les berenang sejak usia lima tahun. Sudah beberapa pertandingan yang diikuti beberapa waktu lalu. Pihaknya berharap kegiatan PPLPD bisa terus berkelanjutan upaya menghasilkan atlet-atlet profesional di bidangnya.

Pantauan di lapangan, sebagian orangtua juga menunggu para anak-anak berlatih. ***

Narasi dan Foto : Istimewa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *