Beranda Kepri Tanjungpinang Lansia Harus Sehat dan Bahagia

Lansia Harus Sehat dan Bahagia

0

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd membuka workshop kesehatan lansia yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam rangka peringatan Hari Lansia Nasional tingkat Kota Tanjungpinang di Hotel Aston Tanjungpinang, Sabtu (13/7).

Dalam sambutannya Syahrul menjelaskan bahwa peningkatan populasi lansia terus bertambah seiring dengan peningkatan usia harapan hidup manusia. Hal ini juga didukung dengan membaiknya kualitas gizi dan kesehatan masyarkat.

Maka dari itu, sambung Syahrul, pemerintah melalui Dinas Kesehatan terus mengupayakan bagaimana kesehatan masyarakat Kota Tanjungpinang semakin hari dan semakin tahun semakin meningkat.

Baca Juga :  Dewi Kumalasari : Perkembangan Pondok Pesantren di Kepri Maju Cukup Pesat

Lebih lanjut Syahrul mengatakan bahwa untuk menghasilkan lansia yang sehat tidaklah mudah dan memerlukan kerja sama semua pihak baik dari pemerintah, organisasi, pemerhati kesehatan kesejahtraan lansia, tenaga keshatan terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana lansia dan sumberdaya manusia yang profesional.

“Terlepas dari itu semua yang terpenting adalah peran aktif dari lansia itu sendiri dan keluarga untuk menciptakan gaya hidup sehat serta perawatan dari lansia. Permerintah Kota Tanjungpinang juga telah memberikan perhatian khusus terhadap lansia, sebagaimana di Puskesmas Santun Lansia di Kota Tanjungpinang telah memprioritaskan pelayanan kesehatan kepada lansia mulai dari loket pendaftaran, ruang tunggu, poli lansia sampai dengan apotek lansia. Hal ini dilakukan karena lansia perlu mendapat perhatian khusus dan istimewa dari semua pihak,” jelas Syahrul.

Baca Juga :  Pemko Tanjungpinang Subsidi Paket Sembako untuk 3.000 KK

Selain itu, Syahrul juga berharap para lansia dapat terus aktif dalam berkatifitas fisik dan latihan fisik yang baik, benar dan teratur sesuai dengan kemampuan dan kaedah kesehatan seperti senam lansia yang telah dilakukan pada kegiatan ini, merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meperlambat penurunan fungsi tubuh dan peningkatan daya tahan tubuh, sehingga dapat menurunkan resiko terserang penyakit.

Usai dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tanjungpinang, kegiatan workshop kesehatan lansia yang diikuti oleh 150 lansia ini dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber yang berasal dari Jakarta dan Tanjungpinang.

Baca Juga :  Pendaftaran Kepri 10K Diperpanjang, Lusi: Antusiasme Masyarakat Masih Tinggi

Kegiatan ini dihadiri juga Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana, Rustam, SKM, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang, Hj. Raja Khairani., S.Sos, MM.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here