Beranda Kepri Tanjungpinang Pemko Tanjungpinang Mendapat Bonus Rp17 Miliar Alokasi Insentif Fiskal dari Kemenkeu RI

Pemko Tanjungpinang Mendapat Bonus Rp17 Miliar Alokasi Insentif Fiskal dari Kemenkeu RI

0
Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos menerima bonus alokasi insentif fiskal dari Menteri Keuangan RI Srimulyani dan disaksikan Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, Selasa (3/10/2023).F-Diskominfo Tanjungpinang

beritakepri.id, TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang mendapat bonus sebesar Rp17 miliar dana alokasi insentif fiskal dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Bonus ini merupakan penghargaan kepada Pemko Tanjungpinang, karena dinilai berhasil dalam upaya pengendalian inflasi, peningkatan penggunaan produk dalam negeri, dan percepatan belanja daerah.

Pemerintah Kota Tanjungpinang menerima penghargaan berupa alokasi insentif fiskal kinerja tahun berjalan tahun anggaran 2023, kategori percepatan belanja daerah dan dukungan penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN). Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos menerima langsung penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Keuangan Srimulyani bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, di Aula Mezanine, Gedung Djuanda I, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga :  Serahkan DPA ke SKPD, Ansar: Percepat Proses Pengadaan

Sebanyak 33 daerah penerima alokasi yang terdiri dari 3 provinsi, 6 kota, 24 kabupaten untuk periode pertama dan kedua. Sedangkan untuk periode ketiga, diberikan kepada 34 daerah yang terdiri dari 3 provinsi, 6 kota, dan 25 kabupaten.

Usai penyerahan bonus tersebut, Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos bersyukur atas keberhasilan Pemko Tanjungpinang mendapatkan alokasi insentif fiskal tersebut.

“Alhamdulillah Pemko Tanjungpinang mendapat alokasi insentif sebesar Rp17 miliar. Untuk percepatan belanja daerah dan penggunaan produk dalam negeri sebesar Rp 11.374.191.000 dan insentif untuk penghapusan kemiskinan ekstrem sebesar Rp 6.188.565.000. Hal ini tentunya atas kerja keras dan kolaborasi seluruh Tim Pengendalian Inflasi Daerah dan juga stakeholder terkait,” sebut Hasan SSos.

Baca Juga :  Sah, APBDP Kepri 2021 Sebesar Rp3,918 Triliun

Dengan capaian ini, Hasan berharap, menjadi penyemangat dan motivasi untuk terus meningkatkan kinerja bersama seluruh perangkatnya.

“Bersama perangkat daerah, TPID, Forkopimda dan stakeholter terkait, akan terus berupaya dalam menstabilkan harga dan menjaga inflasi tetap rendah termasuk upaya penghapusan kemiskinan ekstrem yang diharapkan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Menteri Keuangan RI Srimulyani mengatakan, insentif fiskal diberikan sebagai bentuk apresiasi dan upaya untuk memacu kinerja pemerintah daerah. Agar peningkatan kinerja dapat terus dimonitor dan kinerjanya dapat langsung diapresiasi. Selain itu, penggunaannya bisa digunakan untuk pengendalian inflasi periode.

Baca Juga :  Imam Masjid, Guru TPA/TPQ, Petugas Fardu Kifayah dan Penyuluh Agama Terima Insentif 1 Juta Dari Pemko Tanjungpinang

“Indikator penilaiannya dilihat dari upaya pengendalian inflasi pangan, laporan pengendalian inflasi, indeks pengendalian harga, dan realisasi belanja pendukung pengendalian inflasi,” jelasnya.

Srimulyani menegaskan, insentif fiskal harus digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan berdampak langsung bagi masyarakat. Insentif fiskal tidak boleh digunakan untuk menambah gaji, penghasilan, honorarium, dan berbagai perjalanan dinas. Tetapi digunakan untuk masyarakat.

“Seperti bantuan modal, bantuan sosial, bantuan bibit, subsidi bunga untuk masyarakat UMKM pemberian beasiswa, kegiatan masyarakat yang memberikan manfaat pada masyarakat miskin,” demikian pesan Srimulyani Menteri Keuangan RI.***

Penulis : Red/Hasyim
Editor : Yusfreyendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here